BERITAISTANA.IDGilorejo baru

Warga Gondanglegi Gilirejobaru Melaksanakan Qurban Secara iuran

Warga Gondanglegi Gilirejobaru Melaksanakan Qurban Secara iuran

Jumat 31 juli 2020 foto Oleh Tarmuji S.Pd

Sragen Jateng, – Perayaan Idul Adha 1441 H menjadi istimewa bagi warga Dukuh Gondanglegi Desa Gilirejobaru , Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen, Jateng.

Qurban adalah kegiatan menyembelih hewan qurban yang dilakukan setelah pelaksanaan sholat idul adha. Berqurban merupakan wujud rasa syukur yang ditunjukkan seluruh umat muslim kepada Allah atas segala karunia dan nikmat yang telah diberikan. Ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa hukum qurban dalam islam itu wajib bagi yang memiliki kelapangan harta dan cukup rezeki untuk melakukannya dan bagi umat muslim yang kurang mampu maka gugurlah kewajiban tersebut. Qurban termasuk salah satu ibadah sunah yang tidak boleh ditinggalkan, karena Allah sangat mencintai hambanya yang mau menghabiskan sebagian hartanya untuk kepentingan ibadah. (31/7/20)

Sementara Tarmuji S.Pd saat dihubungi berita istana mengatakan, alhamdullah senang baget untuk tahun ini bisa berbagi dengan warga di masa pamdemi bisa menyalurkan hewan kurban dari para donatur dan iuran gotong royong dari warga semoga bisa bermanfaaat bagi warga “Kami mengapresiasi atas pelaksanaan Idhul Adha Tahun 1441 H/2020 M di gondanglegi, semoga kita bisa mengambil Hikmah ditengah Pandemi”.

“Ditengah Pandemi Covid-19 kita dilatih untuk membiasakan hidup sehat, semoga kita dijauhkan dari berbagai macam penyakit maupun Virus. Kebiasaan yang harus kita biasakan dan tingkatkan antara lain disiplin menggunakan masker, disipiln jaga jarak serta disipiln mencuci tangan”, ucapnya.

“Mudah-mudahan di tahun-tahun yang akan datang jumlah hewan Qurban bisa lebih banyak lagi mengingat jumlah warga gilirejo baru juga banyak, selain itu akan menambah juga kemanfaatan bagi masyarakat dilingkungan gilirejo baru”, harap Tarmuji salah satu perangkat desa.

Sementara Kepala Desa Gilirejo Baru Hartono saat dihubungi berita istana dirinya menjelaskan “Ada semacam perayaan kolektif dalam Idul Adha tahun ini, yang digagas, di danai dan dilaksanakan oleh warga secara partisipatif. Idul adha, selalu menjadi ruang bertemu warga dan bertukar sapa dalam semangat solidaritas yang biasanya karena aktivitas masing-masing terasa begitu berjarak” kata Hartono ,

Pada Idul Adha tahun ini, hewan kurban di Dukuh Gondanglegi  terkumpul 2 ekor sapi dan 11 ekor kambing yang merupakan kurban warga secara pribadi maupun berjamaah. (31/7/20).

Lebih lanjut Hartono menyampaikan “Ada peningkatan jumlah hewan kurban tahun ini yang dihasilkan warga karena inisiatifnya berkelompok, semacam arisan sejak tahun lalu untuk berkurban,”ujar Hartono.

Pola beribadah kurban ala warga desa yang secara urunan, baik dengan jangka waktu panjang maupun pendek, telah menjadi bagian ‘strategi beribadah’ kurban warga di perdesaan.

“Belum mampu kalau sendirian mas, jadinya kita berkelompok iuran dari awal tahun kemarin untuk dapat beli seekor sapi kurban,”pungkasnya.(Sito)

Editor : Umy

Logo Beritaistana.id
Logo Beritaistana.id

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button