BERITAISTANA.IDboyolali

Kendalikan Populasi Tikus TNI Polri Juga Terjun ke Persawahan

Kendalikan Populasi Tikus TNI Polri Juga Terjun ke Persawahan

Boyolali. Hama tikus menjadi ancaman serius bagi kelangsungan pertumbuhan tanaman pertanian terutama tanaman padi. Untuk memberantas serangan hama tikus, Babinsa Koramil 18/Kemusu Kodim 0724/Boyolali bersama para petani melaksanakan gerakan pencegahan hama tikus di areal persawahan Dukuh Ngleban Desa Klewor Kecamatan Kemusu. Hasilnya, puluhan tikus ditangkap dan dimusnahkan. Senin (05/10).

Babinsa Klewor Serma Riya bersama Bhabinkamtipmas , Dinas Pertanian dan petani langsung terjun ke sawah untuk mengendalikan populasi hama tikus agar tidak berkembang biak. Sebab, tikus mampu merusak padi yang sedang tumbuh di areal persawahan.

“Pada masa tanam seperti ini, para petani harus mewaspadai serangan hama tikus. Para Babinsa memang harus tanggap terhadap situasi yang ada, agar petani tidak gagal panen, dimana wilayah binaannya merupakan endemik hama tikus”, ungkap Babinsa Klewor .
Menurutnya, kegiatan rutin seperti ini dilaksanakan sebagai wujud pendampingan TNI kepada para petani. Kali ini pengendalian hama tikus menggunakan racun Petrocum yang langsung diarahkan ke lubang-lubang yang disinyalir berkembangbiaknya tikus sawah.

“Dengan kerja sama dan komunikasi yang intens, semoga kehadiran kami dapat menjadikan suntikan semangat bagi para petani demi meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil panen terutama saat-saat sulit di tengah pandemi.” Imbuh Babinsa

Penulis: Agus Kemplu|Editor : Umy

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button