BERITAISTANA.ID

Dugaan Pungli PTSL Oknum Sekdes Kalisari Grobogan  di Polisikan LASKAR MERAH PUTIH (LMP)

Dugaan Pungli PTSL Oknum Sekdes Kalisari Grobogan  di Polisikan LASKAR MERAH PUTIH (LMP)

 

Berita Istana Grobogan, – Ada beberapa program prioritas pemerintah pusat. Salah satu yang paling sering dibicarakan, oleh Ir. Jokowidodo (Jokowi), selaku Presiden RI, adalah PTSL (Pendataan Tanah Sistematis Lengkap). Program ini, katanya gratis.

Memang, berdasarkan program pemerintah pusat, PTSL tidak murni gratis. Ini sesuai dengan aturan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri ATR/BPN, Menteri Dalam Negeri, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor: 25/SKB/V/2017, Nomor: 590-3167A Tahun 2017, Nomor: 34 Tahun 2017. Tentang pembiayaan persiapan PTSL, keputusan ketujuh nomor 5. Yang bertuliskan, Kategori V (Jawa dan Bali), sebesar Rp.150 ribu.

Namun, beda kenyataan di lapangan. Warga ternyata, tetap dibebankan sejumlah biaya. Nilainya, bervariasi. Setidaknya, kisaran Rp.750 ribu hingga rp 1 juta. Kasus tersebut, terjadi dibeberapa daerah. Salah satunya di Desa Kalisari Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Prov Jateng. Rabu 15 Juli 2020.

Pungutan yang dilakukan oleh oknum Sekdes yang berinisial (LS) saat ini sudah resmi dilaporkan kepolisi. Dan sampai saat ini sertifikat PTSL juga belum di terima oleh pemohon ptsl warga desa Kalisari padahal itu program PTSL anggaran tahun 2019.

Saat itu saudara LS menjabat sebagai PJ Kepala Desa Kalisari.

Ditempat terpisah wartawan Berita Istana saat meminta keterangan dari pelapor Ketua LMP Markas Cabang Kabupaten Grobogan Adi Prayitno , SH, MKn ia menjelaskan bahwa oknum sekdes Kalisari telah di laporkan ke polda CQ Dirreskrimum polda jateng tertanggal 21 maret 2020.

Dengan laporan laskar merah putih dengan nomor 009/MC- LMP- KAB GROBOGAN / III/2020. Dan dengan berjalannya waktu laporan Dirreskrimum polda jateng mendisposisikan ke polres Grobogan no B/ 3403/III RES .7.4/ 2020 RESKRIMUM.

Polres Grobogan memberi permintaan keterangan kepada ketua LMP markas cabang Grobogan berdasarkan Surat undangan dari polres Grobogan No B/394/IV/RES.3.3/2020/RESKRIM.

Perkembangan lanjutan hasil penyidikan B/105/IV/2020/RESKRIM perihal pemberitahuan perkembangan kasus dan dalam selang waktu beberapa bulan dan dari LMP Markas cabang kabupaten Grobogan, menanyakan perkembangan masalah dan saat itu di berikan oleh IPTU Aris Supriyadi SH dengan nomor surat hasil penyelidikan dengan nomor B/152/IV/2020/RESKRIM.

Saat berita ini diterbitkan belum ada yang di tetapkan sebagai tersangka. Harapan dari LMP Markas Cabang Kabupaten Grobogan supaya kasus ini bisa ditegakkan sesuai hukum yang berlaku dan seadil adilnya.

( Tim investigasi Berita Istana )

Editor : Umy

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button