Berita

Warga Desa Ujung Batu V Bangun Jembatan Permanen Secara Swadaya dan Gotong Royong

Warga Desa Ujung Batu V Bangun Jembatan Permanen Secara Swadaya dan Gotong Royong

Senen, 22 Juni 2020 | Penulis : Bonardon

Lawas.-Bangun jembatan permanen, warga Desa Ujung Batu V Kecamatan Huta Raja Tinggi (Huragi) Kabupaten Padang Lawas (Palas) lakukan secara Swadaya dan Gotong royong.

Demikian ungkapan Camat Kecamatan Huta Raja Tinggi (Huragi) Sudaryono beberapa waktu lalu kepada BERITAiatana sambil menjelaskan bahwa sebelumnya masyarakat Desa Ujung Batu V hanya memanfaat kan jembatan darurat namun sekarang telah hanyut di terjang banjir.

Dikatakan, Jembatan Sungai Batang Kumu ini merupakan akses perekonomian yang menghubungkan dari Desa Ujung Batu Makmur ke Desa Ujung Batu V, sehingga dengan terputusnya akses transportasi tersebut hasil perkebunan masyarakat seperti Sawit dari Ujung Batu V tidak bisa kluar.

” Sehingga dengan keadaan yang sangat daturat dan terpaksa, Masyarakat Desa Ujung Batu V mencari solusi dengan mengadakan Musyawarah Desa, dan hasil kesepakatan musyawarah mereka sepakat melakukan pembangunan secara swadaya dan gotong royong, pungkas Sudaryono.

Dilain sisi, ” Kepala Desa Ujung Batu V, Supardi ketika dikonfirmasi BERITAistana, membenarkan bahwa mereka telah melakukan musyawarah Desa, mencari solusi atas penderitaan Warga Desanya yang terdampak ekonomi akibat akses transportasi pengangkutan hasil usaha perkebunan mereka lumpuh total.

Lebih lanjut dijelaskannya, untuk biaya pembelian bahan material mereka telah sepakat melakukan Swadaya dengan rincian Rp. 200.000.- perhektare bagi warga yang memiliki lahan kebun sawit di areal Desa Ujung Batu V.

” Dan untuk melakukan pekerjaannya, masyarakat telah sepakat melakukan gotong royong, dan sesuai mekanisme pembagian jadwal kerja yang telah disepakati bersama, jelas Supardi. (Bonardon)

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button