Berita

Merekam Kube Pelangkidul yang Bisa Exsis Berjalan dan Berkembang

Merekam Kube Pelangkidul yang Bisa Exsis Berjalan dan Berkembang

Kadinsos Ngawi Tripujo Handono

Ngawi Berita istana, Kube adalah kelompok usaha bersama yang dibentuk atas prakarsa Kemensos lewat dinas Sosial yang beranggotakan dari kelompok miskin yang ada didata terpadu penanganan fakir-miskin dan orang tidak mampu ( DTPFMOTM), yang bertujuan untuk diberdayakan dengan pemberian bantuan lansung pemberdayaan sosial atau BLPS dengan tujuan menurunkan angka kemiskinan.

Kube satu ini patut diapresiasi karena semenjak dibentuk dan mendapat bantuan terus menunjukan exsistensinya bahkan berkembang hingga sekarang, hal tersebut tidak lepas dari campur-tangan stekeholder yaitu dinas sosial kabupaten Ngawi dan peran pendamping yang selalau intens mengarahkanya.

Tri pujo handono kadinsos kabupaten Ngawi menuturkan selalu memantau progres Kube yang ada diwilayahnya dan mengakui bahwa kube Sidomukti yang berada didusun Gebung desa pelangkidul kecamatan Kedunggalar salah-satu kelompok masyarakat miskin yang berhasil dalam tata pengelolaanya, ” masih banyak lagi kube-kube lain yang maju, itu nantinya akan mendapat perhatian, dan tentunya menjadi catatan kami bila kube tidak berjalan sebagaimana mestinya, ” jelas mantan camat ini pada awak media berita istana beberapa waktu yang lalu diruang kerjanya.

Sriyanti ketua kube Sidomukti memaparkan bahwa pada 15 Nopember tahun 2017 kelompoknya mendapat bantuan 10 ekor kambing betina dan 1 ekor kambing jantan yang dibagikan pada anggotanya dan hingga sekarang sudah berkembang menjadi 30 ekor, ” tarjet kami tiap 2 tahun bisa kita gulirkan pada anggota baru, tentunya dengan harapan bisa berjalan lebih baik lagi dan kedepanya akan kita kembangkan kearah usaha lain, ” katanya.

Disaat yang sama Sobirin selaku pendamping menambahkan bahwa untuk memupuk kebersamaan dan memudahkan fasilitasi, kube Sidomakmur Pelangkidul tiap bulan mengadakan arisan rutin ditambah iuran kesejahteraan sosial yang dikeloka anggota sendiri. ( Budi)

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button