Berita

Kades Percontohan, Ajak Warga Budidayakan Ternak Burung Puyuh & Perikanan

Kades Percontohan, Ajak Warga Budidayakan Ternak Burung Puyuh & Perikanan.

Kamis, 30 April 020 | Penulis : Bonardon

BERITAistana.com Padang Lawas.-
Keberhasilan Kepala Desa Harang Julu Kecamatan Ulu Sosa membudidayakan ternak burung puyuh, patut dicontoh Warga Padang Lawas untuk mening katkan ekonomi mandiri pedesaan.

Budidaya ternak burung puyuh sangat cocok untuk membantu perekonomian warga Pedesaan, demikian kata Kepala Desa Harang Julu Guntur Hasibuan ketika dikonfirmasi Awak Media Rabu, (28/4-0) di Lokasi kandang peternakannya.

” Menurut pengalaman saya, budidaya ternak burung puyuh ini sangat cocok dikembangkan khusus daerah pedesaan seperti di Padang Lawas, karena modal peluang usaha ini masih terjangkau masyarakat.

Dikatakannya, “saya beli bibit puyuh dari pesanan ke Medan dengan harga Rp. 750.000.- per kotak isi 100 ekor dan sesuai hasil pengalaman dari 1.000 ekor yang saya pelihara telah menghasilkan rata rata 700 telor perhari dengan harga jual Rp. 500.- per bijinya, sementara harga pakan ” kompit ” Rp. 330.000.- per zaknya.

Lebihlanjut, program budidaya ternak puyuh seperti halnya yang saya kerjakan ini mudah mudahan dapat jadi contoh buat teman teman Kepala Desa se Palas sehingga bisa di anjurkan kepada masyarakat nya masing masing disetiap Desa karena beternak puyuh bisa memanfaatkan lokasi seadanya. Pungkas Guntur.

Pedagang telor puyuh di Pasar Sibuhuan Wildan Harahap ketika dikonfirmasi BERITAistana Kamis, 30/4-2020 terkait jumlah warga peternak puyuh dan pasaran harga khusus di Padang Lawas, dia menjawab, ” setahu saya jumlah warga yang telah membudidayakan ternak puyuh belum berapa Orang sehingga kebutuhan akan telor puyuh masih didatangkan dari Medan, dan harganya cukup stabil Rp. 500.- tuturnya.(Bonardon)

Related Articles

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button